13 Tipologi Civitas Academica

Tipologi Mahasiswa

Manusia diciptakan beragam dan beraneka bentuk, begitu pula mahasiswa. Menurut pemikiran hamba yang tiada bisa berpikir ini, mahasiswa dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa spesies :

1. Mahasiswa Pemimpin
Tipikal mahasiswa seperti ini selalu terlihat mencolok dan aktif dibandingkan mahasiswa lainnya. Hidupnya di perkuliahan sangat bervariatif – diisi dengan berbagai kegiatan; dan ia tidak hanya belajar dari kuliah semata, namun juga belajar dari lingkungan. Biasanya tipe mahasiswa seperti ini tiada memiliki keinginan yang besar untuk lulus terlalu cepat, karena ia mencari pengalaman sebanyak-banyaknya untuk menjadi pemimpin di masa depan. Cita-citanya, biasanya ingin menjadi pemimpin perusahaan atau bahkan presiden … kalau hamba sih Gubernur Sumbar saja cukuplah 😀

2. Mahasiswa Pemikir
Tipikal mahasiswa seperti ini selalu berpikir dan terus berpikir, namun tiada pernah ada implementasinya; yang akhirnya ia terus belajar tanpa menghiraukan sekitarnya, agar bisa mendapatkan jawaban atas apa yang dipikirkannya. Biasanya tipe mahasiswa seperti ini jika telah lulus ingin jadi ilmuwan (mungkin) … -_-

3. Mahasiswa Santai
Tipe mahasiswa seperti ini tiada banyak berpikir, selalu menjalani kehidupan apa adanya, istilahnya mailia ka ma aia mailia, maikuik ka ma kareh angin. Enjoy aja!
Biasanya tipikal mahasiswa seperti ini aktif di bidang seni dan olahraga, seperti band dan basket (UKM masuk gak ya ??). Dia tiada terlalu memikirkan kuliah, karena yang penting dalam hidupnya adalah santai. Biasanya mahasiswa seperti lama sekali lulusnya, karena nilainya juga santai … :))

4. Mahasiswa Mencari Cinta
Tipikal mahasiswa seperti ini tiada terlalu memikirkan kuliah, tetapi yang dipikirkannya adalah CINTA; yang penting baginya adalah mendapatkan pacar yang setia. Biasanya mahasiswa sepeti ini ingin cepet-cepet lulus biar cepet-cepet nikah … no offense, hahaa :piss:

5. Mahasiswa Jomblo
Tipe mahasiswa seperti ini terkadang dianggap terlalu menyedihkan, karena tiada laku-laku (unsold); tapi terkadang mahasiswa memilih jomblo bukan karena tiada laku, tetapi karena ia memang tiada pengen berpacaran demi meraih cita-citanya dimasa depan.

Vivat Jomblo !! (Silakan dibaca kembali postingan hamba tentang Jomblologi alias tipe-tipe jomblo)

Jomblology


http://www.facebook.com/note.php?note_id=54483106658&id=1101141323&index=4

6. Mahasiswa Usil
Tipikal mahasiswa seperti ini sangat senang apabila orang lain menderita; contohnya sebelum dosen masuk kelas, ia akan mengganti kursi dosen dengan kursi yang rusak biar dosennya patah tulang; atau sebelum dosen masuk, ia menulis kertas di pintu kelas bahwa kelas hari ini dibatalkan.

7. Mahasiswa Tak Jelas
Nah … tipikal mahasiswa seperti tak bisa dikategorikan, karena terkadang ia seperti pemimpin, terkadang ia hilang entah ke mana … eh, malah kepergok di mall bersama pacarnya; nongkrong-nongkrong tak jelas hingga larut malam, tetapi bila hendak ujian … belajarnya mengalahkan ilmuwan.

8. Mahasiswa Anak Mami
Tipikal mahasiswa sepertiini selalu pulang di akhir pekan, takut kalau mamanya marah, ia kuliah demi menyenangkan hati maminya. Kebanyakan tipikal seperti ini tiada menikmati perkuliahannya, karena jurusan perkuliahannya itu pilihan dari sang ibunda, bukan dari kehendak hatinya. Kebanyakan tipe kuliah seperti ini putus di tengah jalan, tetapi semoga tidak … o:-)

9. Mahasiswa Apa Mahasiswi
Sudah jelas sekali bahwa tipikal mahasiswa seperti ini memiliki dua kepribadian, yang pertama wanita yang kedua pria. Orang-orang biasa menyebutnya banci … -_-

10. Mahasiswa Berorientasi Akhirat
Nah … tipikal mahasiswa seperti ini adalah kategori terbaik menurut saya (lai sabana tuh van … hahaa), karena apa yang dilakukannya sudah jelas tujuannya; hidupnya lebih terarah dan sikapnya selalu terjaga. Biasanya suka membantu orang lain namun tiada berharap banyak dari orang lain tersebut. Biasanya tipe mahasiswa seperti ini berakhir bahagia dan sukses (husnul khatimah) … amiin.

11. Mahasiswa Gadungan
Tipe ini sebenarnya bukan mahasiswa; tetapi karena ingin terlihat seperti mahasiswa, maka ia sering nongkrong-nongkrong di kampus orang. Biasanya ia punya tujuan tertentu, seperti mencari seorang wanita idaman atau mau memasang bom di kampus orang. Hati-hati !!

12. Mahasiswa Monitor
Mahasiswa seperti ini selalu berhadapan dengan komputer, sampai-sampai mukanya sudah berevolusi seperti monitor, matanya sudah sebesar mouse, dan rambutnya sudah tak terurus seperti kabel USB atau RJ-45. Biasanya tipikal mahasiswa seperti ini hobi chatting dan mendapatkan kebutuhannya dari internet. Tetapi mahasiswa seperti ini bagus juga, karena ia tak bakal ketinggalan zaman deh.

13. Mahasiswa Abadi
Jelas … mahasiswa yang diatas 10 semester belum lulus2, hahahahaa.

Nah … tergolong tipe manakah anda ??

Anda bisa saja memegang dua katagori atau tiga bahkan empat, terserah Anda; yang penting semoga Anda bisa berguna bagi diri Anda sendiri dan orang lain :sok-bijak:

~dR

8 Responses

  1. ha ha ha uda memposisikan diri dikatagori pertama itu pas kapan? waktu S1 atau ngambil S2?
    Dulu rasanya Uda bisa masuk kategori 1,4,5 dan 6
    peace….!

  2. Hahahahaa … tepat sekali pak 😀

  3. kreatip..kreatip..
    tp dak satagok posting yg tipe jomblo doh, Da…ha3…

    klo original, yo lah sabana salut wak… ^:)^

  4. kalau nan iko iyo copas mek … hehee 😀

  5. kalau gua lebih suka jadi mahasiswa yang suka ngusil ada gg ya bos dikategorikan sebagai mahasiswa seprti apa ?
    😀

  6. mantappp mas, beda dr yg lain tipe2nya..haha

  7. ambo yo mahasiswa tak jelas…
    karajo malala ce banyak cari kenalan…
    sllu mancari popularitas…
    bsa dbwo kama ce…
    duya jdi ka akhiraik jdi juo..
    nan pantiang luluih darevan..

Leave a comment